Resep Somay Ikan Sederhana yang Mudah dan Enak

Resep Somay – Siomay ini memang salah satu cemilan favorit siapa saja, bahkan kalau favoritnya udah sampai kebangetan, ada yang rela sampai punya stok didalam kulkas!. Emang susah sih yah kalau udah suka itu, kitanya bisa bela-belain apa saja supaya bisa menikmati apa yang kita sukai termasuk itu tadi, punya simpanan stok siomay supaya bisa dinikmati kapanpun kita mau.

Siomay itu memang rasanya lezat dan ngangenin, engga bikin bosen meskipun kita sering mengkonsumsi nya. Engga heran sih, nah mungkin rahasianya adalah salah satunya karena resep somay yang digunakan merupakan resep siomay yang sudah teruji. Jadi, kelezatannya bisa dibuktikan melalui rasa siomaynya.

Resep somay yang terbukti disukai oleh berbagai lapisan masyarakat, itu juga sebenarnya merupakan perwujudan dari sebuah uji coba yang panjang dan melelahkan. Enaknya kita tidak perlu berlelah-lelah lagi untuk menemukan atau untuk mendapatkan sebuah resep yang mantap karena kami akan menyajikan nya disini untuk anda :D.

Resep Somay Ikan Sukasuka Lezat

resep somay

Somay itu seperti yang kita tahu, merupakan makanan khas dari Asia Timur. Ada yang mengatakan ia berasal dari Mongolia Dalam tetapi juga ada yang percaya bahwa somay itu berasal dari Cina Daratan. Memang tidak ada yang tahu persis tapi tidak jadi masalah sebab siomay kini telah menjadi bagian yang utuh dari tradisi kuliner bangsa ini.

Makanan mungil ini sudah lama menjadi makanan khas Nusantara, artinya bisa dinikmati dan diterima siapapun. Meski pada awalnya kota Bandung lah yang (menurut riwayat yang beredar luas) memulai untuk mempopulerkan siomay ini ke masyarakat luas hingga akhirnya dikenal di deluruh wilayah Indonesia.

Jika dalam tradisi asalnya, bahan siomay menggunakan daging babi cincang maka di Indonesia bahan itu digantikan dengan ikan. Bahan dasar berupa ikan ini lebih sesuai dengan kultur dan keyakinan masyarakat Nusantara. Bagi penggemar siomay ikan, pasti lah bisa membedakan mana somay ikan tenggiri asli dan mana siomay ikan yang tidak asli.

Berikut adalah resep siomay ikan tenggiri lezat. Catat dan praktikkan yah :

Bahan Dasar :

  • Daging ikan tenggiri 500 gram
  • Tepung tapioka atau sagu kurang lebih 150 gram
  • Air kurang lebih sebanyak 75-150 ml (tergantung kadar air)

Bumbu :

  • Garam sekitar dua (2) atau tiga (3) sendok teh
  • Gula kurang lebih satu seperempat (1 ¼) sendok makan
  • Merica bubuk setengah (1/2) sendok the
  • Minyak wijen kira-kira 1 sendok makan

Tambahan :

Boleh ditambahkan daun bawang yang di iris-iris kecil untuk menambah aroma agar semakin menarik. Ini dilakukan sesuai selera saja yah, bagi yang tidak suka daun bawang boleh tidak memakainya. Atau jika teman-teman punya alternatif lain, silahkan dicoba.

Cara Membuat Siomay Ikan nya :

cara membuat somayIkan dipotong kecil-kecil lalu dihaluskan. Proses pemotongan ini bisa menggunakan pisau, blender, food processor atau alat lainnya. Ikan yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya.

Campur air secukupnya ke dalam adonan tadi, kemudian aduk dengan tangan hingga merata lalu tambahkan tepung sagu atau tepung tapioka sedikit demi sedikit kedalamnya. Aduk dan remas-remas kesemua adonan tadi sambil perhatikan juga kemerataan atau komposisi air didalamnya. Pastikan tidak berlebih atau kurang, pokok nya harus pas :D.

Setelah semua adonan tercampur merata dengan baik, silahkan bentuk siomay sesuai selera dan keinginan. Hanya saja pastikan bahwa bentuk siomay ini nantinya memudahkan untuk bisa membuat matang siomay secara merata luar dalam pada rentang waktu yang relatif cepat.

Bila proses membuat adonan dan membentuknya sudah selesai, silahkan kukus siomay tadi. Lama tidaknya waktu pengukusan, tergantung pada besar atau kecilnya bentuk siomay yang telah dibuat sebelumnya. Jika besar siomay nya dalam ukuran standar, maka biasanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk membuat siomay nya matang secara merata.

Silahkan sajikan jika siomay sudah siap untuk dimakan. Penyajiannya bisa ditambahkan dengan tahu atau sayuran yang biasa dicampur dengan siomay seperti kol, kentang dan pare. Bisa juga ditambahkan dengan telur rebus atau campuran lain, silahkan ditambahkan sesuai selera.

Coba dan Rasakan Resep Asyik Somay Ikan Ala Siomay Sukasuka! Garansi Enak!

garansi lezat

Nah diatas tadi kami sudah jelaskan cara membuat siomay dengan bahan dasar ikan tenggiri khususnya (kalau ingin mencoba dengan ikan yang lain juga boleh. Ikan patin, ikan belida atau yang lain, silahkan saja). Cuma kalau hanya sekedar dibaca saja sama teman-teman, kami yakin deh, enaknya engga akan sampai di mulut! :D.

Bagaimana Supaya enaknya sampai ke mulut? caranya mau tidak mau teman-teman harus mau untuk praktek resep ini dan mulai membuat siomay sendiri untuk pertama kalinya! Bener deh. Membuat siomay sendiri itu sensasinya beda loh..

Baca Juga : Cara Membuat Somay Ikan Tenggiri Mudah Banget

Kalau siomay pertama sudah jadi, yakin deh, kapan waktu pasti temen-temen pengin bikin lagi. Apalagi kita ini termasuk golongan orang-orang yang suka ngemil. Orang yang suka ngemil itu engga enak rasanya kalau tiap hari engga ngemil. Ada aja pasti makanan yang dicari-cari, di kulkas, di tempat makan, di meja teman kantor, dst.

Nah kalau kita bisa buat sendiri cemilan yang simple, enak kan. Biaya lebih murah, bahan-bahan yang digunakan terjamin kualitas dan kebersihannya, kita jadi semakin pandai buat cemilan dan pastinya engga bingung kalau suatu saat ada teman-teman tiba-tiba mendadak main kerumah. Kita buatkan saja siomay lezat buatan kita sendiri. Ok selamat mencoba teman-teman.

Pesan Antar Call/Sms : 0812 8594 7735, 081212101395, PIN BB : 5D01F072, 2BA69575. Alamat lengkap kami : Perumahan Griya Bukit Jaya Blok G1 No.11, Gunung Putri, Kabupaten Bogor 16962.

Incoming search terms:

  • cara membuat siomay ikan
  • resep siomay ikan
  • cara membuat siomay ikan sederhana
  • resep siomay sederhana
  • resep somay ikan
  • cara membuat somai ikan
  • cara bikin siomay ikan
  • cara buat siomay ikan
  • siomay ikan
  • resep siomai
  • membuat siomay ikan
  • cara membuat siomay sederhana
  • buat siomay
  • cara bikin siomay sederhana
  • masak siomay ikan
  • ikan murah utk siomay
  • resep cara membuat siomay
  • cara buat somai ikan
  • cara buat siomay biasa
  • resep siomay murah
  • resep siomai ikan
  • buat somay ikan
  • bahan somay ikan
  • bahan dan cara membuat somay
  • bahan dan cara membuat somai ikan

Artikel Terkait Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *