Siomay Ikan, Kuliner Sepanjang Masa

siomay ikan tenggiriSiomay Ikan-adalah makanan atau cemilan agak berat yang sudah dikenal luas masyarakat berbagai kalangan. Hampir semua kelas lapisan masyarakat menyukai makanan satu ini, tidak pernah membosankan. Sebab itulah ia bisa ditemukan di mana saja, di sekolah, di kantin perusahaan, di rumah sakit, di perumahan, di perkantoran, di restoran, di kampung, di desa, di kota kecil, di kota besar, di Sumatra, di Jawa, di seluruh Indonesia atau bahkan jangan-jangan di luar negeri sudah ada? Bisa jadi, mengingat banyak juga warga negara Indonesia yang ada di luar negeri. Apalagi untuk negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam yang merupakan tetangga dekat dan cukup banyak terdapat WNI di sana khususnya di Malaysia, negara seperti Arab Saudi pun mungkin juga sudah mengenal cemilan legendaris ini. Apalagi kita tahu bahwa Arab Saudi merupakan salah satu negara dengan konsentrasi WNI yang cukup besar.

Jamaah Umrah dan Haji Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan tinggi sampai para Tenaga Kerja yang memang tinggal dan bekerja disana dalam jangka waktu yang cukup lama, belum lagi terhitung para pendatang yang tidak terdata secara resmi. Jumlah ini mungkin bisa mencapai ribuan orang banyaknya dan pastilah siomay ikan tidak mungkin tidak terkenal di antara mereka semua. Rasa gurihnya dengan siraman bumbu kacang, saus pedas dan kecap sepertinya membuat orang Indonesia sulit melupakan makanan satu ini. Tapi taukah teman-teman semua, asal usul atau sejarah siomay di Indonesia? Kalau belum tahu, bolehlah kita baca-baca sedikit tulisan dibawah ini yang mengulas secara singkat tentang sejarah shaomai di Indonesia.  Langsung saja agan dan sista, mangga…..

Asal-Usul Siomay di Indonesia, Sebuah Rasa Suatu Cerita…..

Menurut beberapa sumber, siomay adalah makanan yang berasal dari Mongolia Dalam. Tradisi mereka pada dasarnya adalah dimsum, siomay hanya salah satu bagian atau varian atau makanan yang melengkapi sajian dimsum, jadi tidak berdiri sendiri. Biasanya siomay atau dimsum disajikan dalam bentuk kukus yang dilengkapi dengan cuka dan kecap asin.

Makanan yang dalam bahasa Mandarin atau dialek Cina disebut dengan shaomai ini berbahan dasar daging babi cincang untuk adonan nya yang dilengkapi dengan kulit pangsit tipis berbahan dasar tepung terigu untuk melapisi bagian luarnya. Syomai ini asal nya adalah makanan rumahan yang disajikan sebagai menu sarapan pagi keluarga (dimsum) atau sebagai pelengkap menikmati hidangan teh panas (yam cha) tetapi nanti dalam perkembangannya tidak hanya terbatas pada dua kesempatan itu saja. Siomay disajikan dalam berbagai kesempatan dan keperluan umum, bukan hanya hidangan untuk keluarga saja.

Siapapun dapat menikmati kuliner keren legendaris nan mantap ini. Nah, bagaimanakah somay ini bisa sampai ke Indonesia? Berdasarkan catatan-catatan yang ada, konon makanan ini dibawa oleh para pedagang Tiongkok ke Indonesia dalam pelayaran-pelayaran dagang mereka. Dari yang awal mulanya hanya beredar dikalangan internal para pedagang tersebut, lalu secara perlahan-lahan dalam proses yang terus-menerus, akhirnya makanan ini tersebar luas di masyarakat Indonesia

Masyarakat Indonesia sendiri dalam prosesnya dapat menerima siomay menjadi salah satu bagian yang memperkaya tradisi kuliner nusantara. Tapi karena sebelumnya Indonesia telah memiliki sendiri tradisi kuliner yang sangat kaya, maka siomay tidak serta merta diterima utuh seperti tradisi yang ada dari negeri asalnya. Masyarakat Indonesia memperkaya dan memberi variasi yang beragam terhadap kuliner satu ini.

Hal ini bisa dilihat mulai dari bentuk, tambahan menu lainnya dengan bahan dasar yang berbeda dalam sajian menu siomay, bahan dasar siomay itu sendiri serta yang juga sangat penting dan menjadi sebuah identitas bagi siomay Nusantara itu sendiri adalah pada bumbunya. Mari kita lihat satu-satu, secara bentuk, awalnya siomay berbentuk silinder yang diatasnya diberi tambahan telur kepiting, parutan wortel atau kacang polong dan ketika sudah diterima menjadi bagian kuliner Nusantara, shaomai ini secara bentuk mulai mengalami evolusi. Bentuknya ada yang bulat, bentuk mangkok kecil, dst…

dari sisi variasi menu lainnya dalam sajian siomay, Nusantara menambahkan sayuran dan menu lain sebagai menu pilihan dalam sebuah menu santapan kuliner top ini. Kol atau kubis, Pare, kentang, tahu kukus isi, tahu goreng kukus, sampai telur ayam. Sajiannya pun variatif, ada dengan bumbu kacang yang keren, nikmat, gurih, nyess dan coooiiii ditambah saus sambal pedas juga kecap. Ada juga siomay goreng yang kita kenal sebagai batagor. Untuk kedua siomay dan batagor tersebut bisa disajikan dengan bumbu kacang, saus sambal dan kecap saja atau bisa juga disajikan dengan kuah, baik bening ataupun pedas gado-gado.

Bahan dasar siomay dan batagor pun sangat beragam, ikan, tenggiri atau lainnya, daging, ayam, sapi juga lainnya, udang, seuhah original, original, leutik, dan seterusnya….. poko nya, mmmmmuuuuuuuaaaaaccccch deh….. yu atuh pesen siomay nya kakah semuah…..

 Alamat Kami : Perum Griya Bukit Jaya Blok G9. No. 7 Tlajung Udik, Gunung Putri, Bogor. Pesan Antar Call/Sms : 081317496949, PIN BB : D6CA7B48

Gambar Siomay Ikan

resep siomay ikan tenggiriSiomay SukaSuka yogyakarta

Jual Siomay Ikan Tengggiri Di Depok, Bekasi, Tangerang

bumbu siomay

Incoming search terms:

  • batagor siomay di sepanjang

Artikel Terkait Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *